Jasa Periklanan Surabaya | Periklanan (Advertising) merupakan aktifitas yang dilakukan untuk mempengaruhi orang lain dengan membuat konten-konten atau pesan secara persuasif melalui media massa agar orang atau pasar sasaran mau membeli produk barang atau jasa yang sedang dijual. Tujuan akhir dari periklanan adalah mendapatkan customer atau pembeli sebanyak-banyak hingga meningkatkan penjualan dan keuntungan bagi perusahaan.
Saat ini media Periklanan sangatlah luas. Jika dulu, media advertising hanya media offline seperti selebaran, reklame, pamflet, banner, videotron, dan sejenisnya, saat ini sudah hadir media advertising online. Media sosial merupakan salah media advertising yang berkembang saat ini. Banyak perusahaan atau pemilik bisnis menggabungkan media Periklanan offline dan online, bahkan ada yang beralih hanya ke online saja.
Tujuan Periklanan / Advertising
Berdasarkan pengertian diatas diketahui bahwa tujuan akhir dari advertising adalah meningkatkan penjualan produk hingga mendapatkan keuntungan sesuai yang ditargetkan. Namun, untuk mendapatkan tujuan akhir tersebut, ada beberapa tujuan lain dari kegiatan advertising yang biasanya juga disebut sebagai tujuan tahapan, antara lain;
1. Mengenalkan atau Memberi Informasi Produk
Dengan Periklanan, orang yang belum tahu tentang produk baik dari manfaat atau kegunaan produk dan keunggulan produk akan menjadi tahu dan kenal. Contohnya ketika anda berjualan produk handphone x, dengan advertising akan membuat orang lain kenal ada handphone merek x, fitur-fitur handphone merek x, fungsi dan keunggulan handphone merek x dan lainnya.
2. Menarik Orang Membeli Produk
Tujuan selanjutnya setelah orang lain mengenal produk adalah tertarik untuk membelinya. Dalam hal ini dibutuhkan konten-konten yang mendorong calon konsumen segera membeli. Biasanya konten diiringi dengan informasi pendorong seperti promo terbatas, diskon 50%, stok terbatas, dan sejenisnya.
3. Mengajak Konsumen Berlangganan Terus
Tujuan yang diinginkan setiap perusahaan agar bertahan terus adalah mendapatkan customer loyal atau pelanggan loyal yang tak bosan-bosan untuk membeli produk. Dengan pelanggan loyal inilah keuntungan perusahaan akan semakin meningkat terus. Mereka yang loyal pasti akan membeli lagi bahkan merekomendasikan ke banyak orang lainnya untuk membeli produk Anda. Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, selain pembuatan produk baru juga dengan strategi periklanan. Dimana membuat orang semakin cinta dan bangga karena menjadi pengguna atau customer produk Anda.
Baca Juga : Jasa Company Profile Surabaya
Fungsi atau Kegunaan dari Periklanan
Ada banyak kegunaan atau fungsi dari kegiatan periklanan baik bagi produsen maupun konsumen. Berikut ini beberapa diantaranya, yakni;
1. Sumber Informasi bagi Konsumen
Fungsi utama dari periklanan yang pasti adalah sebagai sumber informasi mengenai produk. Disini, konsumen bisa mengetahui keunggulan dari setiap produk yang diiklankan. Bisa membandingkan dan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Semakin jelas iklan dan semakin menarik memberikan kemungkinan besar bagi konsumen untuk tertarik pada produk yang diiklankan oleh pengiklan. Biasanya informasi yang dibagikan tentang produk seperti fitur, fungsi, manfaat, keunggulan, distribusi atau tempat pembelian dan berbagai informasi lainnya yang menarik konsumen.
2. Mendukung Kegiatan Perekonomian
Periklanan dapat membantu produsen untuk survive dan bertahan terus melakukan kegiatan jual beli atau perdagangan barang atau jasa yang dijualnya. Semakin sukses periklanan bisa meningkatkan jumlah order dan pembelian produk, sehingga produksi bisa berjalan terus. Dengan demikian kegiatan perekonomian di masyarakat akan terus bertumbuh.
3. Sumber Dana untuk Media
Media merupakan sumber informasi yang memberitakan beragam hal pada masyarakat, salah satunya tentang produk atau jasa suatu perusahaan. Dengan adanya iklan melalui media massa tentunya bisa menjadi sumber pemasukan media dan mempertahankan eksistensi media massa.
4. Pembagi Beban Biaya Produksi dengan Distribusi
Dengan adanya periklanan suatu biaya produksi dan distribusi suatu produk bisa lebih rendah. Hal tersebut karena adanya peningkatan penjualan dari hasil iklan yang dibuat. Semakin tingginya pembelian maka harga suatu produk atau jasa bisa menjadi lebih murah atau rendah.
5. Sebagai Identitas Pembuat Produk
Adanya iklan suatu produk tak jarang ditonjolkan pula perusahaan pembuat produknya. Hal tersebut tidak lain untuk mengenalkan bahwa produk yang disukai konsumen merupakan produksi suatu perusahaan tertentu. Secara tak langsung, perusahaan juga mengenalkan brand perusahaannya pada khalayak masyarakat.
6. Sebagai Sarana Kontrol Kualitas Produk
Dengan adanya iklan yang ditampilkan di berbagai media akan memudahkan masyarakat atau calon konsumen untuk membedakan produk-produk yang asli dan palsu atau tiruan.
Baca Juga : Jasa Billboard Surabaya
Jasa Periklanan Surabaya – Advertisingsurabaya.id
Dalam dunia pemasaran, iklan merupakan salah satu strategi penjualan yang mutlak dan harus dilakukan untuk meningkatkan jumlah pembelian produk atau jasa tertentu. Hasil penjualan dari beriklan dengan tidak sangat berbeda jauh. Oleh karena itu, menentukan jenis iklan maupun strateginya akan membantu usaha Anda jauh lebih berkembang.
Jika Anda sedang membutuhkan jasa pembuatan amenities hotel, silakan hubungi Admin Advertising Surabaya. Sebagai perusahaan jasa periklanan terlengkap di Surabaya, pihak Advertisingsurabaya.id siap menerima permintaan di berbagai kota. Meliputi Kota Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Mojokerto, Malang, Batu, Bojonegoro, Kediri, Bangkalan, Sumenep, Pamekasan, Jember, Banyuwangi, dan lainnya.